Uang Belanja Dan Cara Biar Gak Boros


Uang belanja habis itu di akibatkan karena sulitnya mengerem rasa “gatal” untuk membeli berbagai barang yang menarik dengan uang . Hal inilah yang akhirnya membuat Anda justru kebobolan dan menghabiskan banyak uang untuk berbelanja. Kesulitan umum yang sering dihadapi adalah membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengontrol keinginan berbelanja dan pengeluaran agar anda dapat menghemat uang Anda.
1. Buat budget
“Anda tidak mungkin bisa berbelanja sesuai budget jika Anda tidak memiliki budget untuk belanja,” ungkap Karen Hoxmeier, pemilik MyBargainBuddy.com, salah satu website manajemen keuangan.
Karen menyarankan untuk melihat kembali semua tagihan utang dan rencana keuangan Anda. “Gambarlah seberapa banyak pengeluaran Anda, seberapa banyak pengeluaran Anda, dan berapa banyak uang yang bisa Anda alokasikan untuk belanja,” tukasnya. Selain membuat anggaran uang belanja, berikan juga alokasi waktu khusus untuk berbelanja. Jika Anda berbelanja dengan terburu-buru, Anda akan lebih mungkin menghabiskan banyak uang untuk membeli barang yang tidak Anda butuhkan.
2. Tengok “toko sebelah”
“Jangan terlalu cepat untuk melakukan pembelian. Jika Anda belanja online, sebaiknya cek dulu beberapa situs web sebelum memutuskan membeli, karena kadang ada beberapa web yang memberikan harga yang lebih murah dan bisa membantu Anda menghemat,” tukas Samer Forzley, wakil presiden eBillme.com, salah satu website manajemen keuangan. Forzley mengatakan, ketika sudah membuat anggaran belanja, taati anggaran tersebut agar pengelolaan uang Anda berjalan lancar.

“Mempertahankan anggaran adalah salah satu cara terbaik untuk tidak memboroskan uang dan menghindari utang. Dengan menjaga anggaran pengeluaran, Anda bisa mengontrol dan mengidentifikasi dimana Anda bisa memotong anggaran yang tak diperlukan di bulan depan,”tambahnya.


3. Pertimbangkan “peak season”
Biarkan label harga menjadi panduan Anda saat belanja. Jika Anda sedang mencari sebuah benda tertentu, tetaplah berpikiran terbuka, kreatif, dan fleksibel. “Misalnya ketika Anda mencari karpet baru untuk ruang tamu, jangan terpaku pada ukuran atau gaya tertentu. Carilah benda tersebut di beberapa toko, lalu cek harganya. Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang lebih baik dan lebih terjangkau,” tukas Hoxmeier.
Selain itu, pertimbangkan juga peak season saat berbelanja. Barang-barang akan menjadi lebih mahal ketika masa liburan, atau mendekati hari raya dan tahun baru. Karena itu, berpikir dulu sebelum berbelanja untuk perayaan tertentu agar Anda tidak mendapat harga yang lebih mahal.
4. Bedakan kebutuhan dan keinginan
Salah satu kunci untuk bisa bertahan dengan anggaran uang adalah mengetahui perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. “Sebelum membeli apapun, tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar membutuhkannya. Bisa menawar sebuah barang dengan harga murah atau mendapatkan barang diskonan tidak akan ada gunanya jika hanya berakhir di lemari dan menjadi usang.

Uang dapat membeli hiburan, tapi bukan kebahagiaan, Uang dapat membeli jabatan, tapi bukan kehormatan, Uang dapat membeli kosmetik, tapi bukan kecantikan, Uang dapat membeli yang terbaik, tapi bukan keindahan, Uang dapat membeli darah, tapi bukan nyawa

sumber : Uang Belanja Dan Cara Biar Gak Boros

No Response to "Uang Belanja Dan Cara Biar Gak Boros"

Posting Komentar