Sepak Bola adalah Seni, Pemersatu dan Sportivitas


Sepak bola adalah olah raga terpopuler sejagat raya. Begitu popolernya, olah raga yang diperkenalkan pertama di Inggris ini, menjadi olah raga yang paling menarik untuk dimainkan ataupun ditonton oleh para jutaan umat manusia diberbagai belahan bumi.
Sepak bola menjadi candu dan sihir yang mendorong jutaan umat manusia sejenak melupakan berbagai kesibukan mereka untuk menyaksikan suatu pertandingan sepak bola.
Berbagai kalangan mulai dari yang berdasi, berkendaraan mewah, laki perempuan, tua muda, kaya miskin, berambut kribo dan berambut lurus, yang bermukim di kota-kota metropolitan sampai rakyat jelata yang hidup di pedalaman, akan berbondong-bondong memenuhi stadion dan rela duduk berjam-jam di depan layar televisi ketika ada gelaran Sepak Bola, baik itu pertandingan kesebelasan antar kampung (tarkam) maupun kesebelasan elit.
Begitu menariknya pertandingan olah raga Sepak Bola, maka tidaklah heran, di berbagai belahan bumi ini olah raga paling popular ini digelari sebagai olah raga rakyat.
Rakyat suatu negara begitu mengandrungi sepak bola, karena olah raga yang satu ini juga termasuk olah raga yang murah meriah. Murah meriah karena bisa dimainkan kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja. Untuk sekedar menyalurkan kesenangan bermain sepak bola, anak-anak di kota-kota besar, di pelosok-pelosok selalu dapat disaksikan bermain bola di jalan beraspal, di hamparan sawah yang kering, di pekarangan rumah, sampai anak-anak yang bermain di stadion kebanggaan yang
bernilai trilyunan rupiah.
Sepak Bola dapat dimainkan dengan menggunakan bola plastik murahan, buah jeruk juga dapat disulap menjadi bola, sampai bola buatan pabrik berharga ratusan ribu rupiah. Orang memainkan sepak bola dengan kaki telanjang sampai yang menggunakan sepak yang dirancang khusus untuk memainkan si kulit bundar.

Sepak Bola adalah seni karena keindahan yang dapat menjadi hiburan bagi setiap kita yang menyaksikan kegesitan seorang pemain dalam berlari mengejar dan menggiring bola untuk dilesakkan ke gawang lawan.

Tehnik sepakan dan cara menggiring serta mengirim umpan seorang David Beckham, Lionel Messi, Kaka, Alexandre Pato, Wayne Rooney, Christiano Ronaldo dll, adalah bukti bahwa sepak bola adalah tontonan menarik dan menghibur.

Sepak bola juga adalah pemersatu. Para pemain dalam satu kesebelasan dipersatukan dari berbagai suku, agama dan warna kulit untuk memadukan kemampuan dan keterampilan mereka memainkan si kulit bundar untuk satu tujuan bersama yaitu mencetak gol dan meraih kemenangan.

Selain seni dan pemersatu, dalam Sepak Bola juga inspirasi dan jiwa sportivitas selalu ada. Setiap pemain sepak bola, dalam dirinya tumbuh dan tertanam semangat (inspirasi) untuk menjadi yang terbaik dan menjadi yang tercepat menghasilkan gol dalam setiap laga.
Jiwa sportivitas juga selalu ada, yaitu bahwa kalah menang dalam suatu pertandingan Sepak Bola adalah hal yang wajar. Dalam diri seorang pemain sepak bola, palatih dan penonton sepak bola akan lahir ketulusan untuk menerima kekalahan dan menghargai kemenangan lawan.
Sumber : Sepak Bola

No Response to "Sepak Bola adalah Seni, Pemersatu dan Sportivitas"

Posting Komentar